Jumat, 05 Agustus 2016

Belajar Roda Dua pakai Honda GL 100 Tahun 90-an

Honda GL 100 dan 125, adalah salah satu varian motor legendaris produk Honda yang pernah jaya di awal kemunculannya pada tahun 1979. Motor ini dimaksudkan untuk menggantikan Honda CB 100 dan 125 yang beredar beberapa tahun sebelumnya dan dianggap sudah waktunya ganti model. Di Jepang sendiri motor ini diberi nama Honda CB125JX untuk versi 125ccnya.

Dari beberapa sumber yang saya baca, nama GL pada Honda GL hanyalah sekedar kode produk atau jenis mesin yang digunakan. Namun beberapa mengatakan nama GL diambil dari inisial Gin Linamoto yang merupakan leluhur dari Soichiro Honda sang pendiri Honda.

Gin Linamoto sendiri adalah kakek buyutnya kakek buyut Soichiro Honda dari sisi ibunya. Gin sendiri adalah seorang pejuang Samurai besar yang berjuang pada pemberontakan Satsuma yang terjadi tahun 1876-1877. Dia berjuang bersama Saigo Takamori, yang menjadi pemimpin tentara pemberontak. Sejumlah 20.000 pemberontak yang berada dibawah komandonya kalah oleh 60.000 tentara pemerintah. satu per satu pemberontak berhasil dilumpuhkan dan hanya dua yang bertahan, yaitu Saigo dan Gin. Merasa terdesak, akhirnya Saigo memenggal kepala Gin dan kemudian Saigo berkomitmen melakukan Seppuku, atau yang lebih umum disebut hara-kiri.

Karena sejarah itulah, Honda menghormati Kakek buyutnya dengan menggunakan inisial Gin untuk lineup sepeda motor unggulan, Honda Gold Wing.

Honda GL tahun 1979 sampai dengan 1981 mempunyai ciri khas antara lain :
  • Lampu Utama berbentuk bulat
  • Speedometer berbentuk bulat
  • Lampu belakang mirip dengan Honda CB
  • Lampu sein belakang letaknya menempel di behel belakang
  • Bentuk kaca spion masih bulat
  • dan rem cakram depan masih memakai sistem mekanis dengan menggunakan kabel
Pada tahun 1982 dikeluarkan facelift Honda GL ini. Beberapa perubahannya antara lain :
  • Lampu utama berbentuk kotak
  • speedometer berbentuk kotak
  • spion kotak
  • Bentuk dudukan lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein
  • Lampu sein berbentuk kotak
  • Sistem pengapian memakai CDI (1985)
Sayangnya beberapa tahun kemudian versi 125cc dihentikan produksinya dan digantikan dengan GL MAX yang keluar beberapa tahun setelahnya.  Untuk versi 100ccnya masih dijual sampai tahun 1994. Sepeda motor ini diproduksi terakhir kali pada tahun 1994 bersamaan dengan munculnya GL PRO Neotech 160cc yang didaulat menjadi penggantinya.

Meskipun tergolong uzur namun saat ini peminat dari motor 100 dan 125cc ini masih banyak. Durabilitas dan ketahanan mesinnya memang sudah tidak diragukan lagi. Kebanyakan yang beredar dimodifikasi menggunakan body Honda CB dan menggunakan komponen mesin dari Honda Tiger yang kapasitas mesinnya jauh diatasnya.

Untuk spesifikasi dari GL100 dan GL125 adalah sebagai berikut

Spesifikasi Honda GL100 dan GL125
JenisSepeda Motor
TipeGL100 / GL125
Mesin1 silinder OHV pendingin udara
Bore X Stroke52 x 49,5 mm (GL100), 56,5 x 49,5 mm (GL125)
Sistem Bahan BakarKarburator
TransmisiManual 5 Speed
Wheelbase1200 mm
Panjang1900 mm
Lebar735 mm
Tinggi1017 mm
sumber: http://www.mobilmotorlama.com/2015/02/honda-gl-100-dan-gl-125.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar